Pernahkan Anda mendapati diri
Anda mengucapkan kata-kata berikut ini, “ Tampaknya itu cocok untukku,” atau “Aku
mengerti masalahnya”, atau mungkin Anda lebih sering megatakan , “Kedengarannya
itu cocok untukku” atau “ Hal itu mengingatkan sesuatu”. Ungkapan-ungkapan
seperti ini bisa menjadi petunjuk kecenderungan modalitas Anda.
Jika Anda tidak dapat melihat
atau mendengar, atau, jika Anda tidak dapat merasakan tekstur, bentuk,
temperatur atau berat, atau penolakan di Iingkungan, berarti Anda sama sekali tidak
mempunyaì gaya belajar. Kebanyakan kita belajar dengan banyak gaya, namun kita
biasanya lebih menyukai satu cara daripada yang lainnya. Banyak orang yang
tidak menyadari bahwa mereka lebih suka pada satu gaya karena tak ada sesuatu
yang eksternal yang mengatakan kepada mereka bahwa mereka berbeda dari orang
lain. Mengetahui bahwa terdapat perbedaan besar dalam menjelaskan hal-hal
seperti mengapa kita mempunyai masalah dalam memahami dan berkomunikasi dengan
beberapa orang, dan tidak bermasalah dengan orang lain, dan mengapa kita dapat
mengatasi suatu keadaan lebih mudah daripada orang lain.
Bagaimana cara Anda menemukan
modalitas yang Anda sukai? Satu cara sederhana adalah dengan mendengarkan
petunjuk-petunjuk dalam pembicaraan Anda, seperti dalam ungkapan diatas . Cara
lain adalah memperhatikan perilaku Anda ketika menghadiri seminar atau
lokakarya. Apakah tampaknya Anda menyerap lebih banyak informasi dan membaca
makalah atau dengan mendengarkan penyajinya? Orang-orang auditorial lebih suka
mendengarkan materinya dan kadang-kadang kehilangan urutannya jika mereka
mencoba mencatat materinya selama presentasi berlangsung. Orang-orang visual
lebih suka membaca makalah dan memperhatikan ilustrasi yang ditempelkan
pembicara di papan mils. Mereka juga membuat catatan-catatan yang sangat baik.
Pelajar kinestetik lebih baik dalam aktivitas bergerak dan interaksi kelompok.
Anggaplah Anda baru membeli
sebuah alat pemanggang daging. Alat ini terdiri dan tiga puluh lima bagian yang
terpisah pisah dilengkapi dengan buku petunjuk setebal 12 halaman yang dapat
membantu Anda merangkai alat tersebut. Bagaimana Anda mengatasi hal ini? Apakah
yang Anda baca dalam buku tersebut tampaknya kabur dan tidak jelas sampai Anda
melihat ilustrasinya dan mulai menyambung bagian-bagiannya? Atau sebaliknya
yang terjadi: Anda merasa bingung dengan rangkaian bagian-bagian itu, tetapi
setelah Anda membaca instruksinya, semuanya menjadi sangat jelas? .
Jika Anda mulai mulai bekerja
dengan bagian-bagian tersebut secara fisik, Anda mungkin seorang pelajar
kinestetik. Jika membaca ilustrasi bisa menjelaskan berbagai hal bagi Anda,
maka kemungkinan besar Anda tergolong pelajar visual. Jika Anda tidak dapat membuatnya
dari instruksi ataupun gambarnya, tetapi ketika Anda menelepon tokonya dan
seseorang menjelaskan kepada Anda bagaimana merangkainya, semuanya menjadi
jelas, maka ini merupakan petunjuk pasti cara belajar Anda adalah auditorial.
Banyak cirl-ciri perilaku lain yang
bisa dijadikan petunjuk kecenderungan belajar Anda. Ciri-ciri berikut ini akan
membantu Anda untuk menentukan gaya belajar Anda yang dominan/ sesuai.
Orang-orang Visual
- rapi dan teratur .
- berbicara dengan cepat
- perencana dan pengatur jangka panjang yang baik
- teliti terhadap detail
- mementingkan penampilan, baik dalam hal pakaian maupun presentasi
- pengeja yang baik dan dapat melihat kata-kata yang sebenarnya dalam pikiran mereka
- mengingat apa yang dilihat, daripada yang didengar
- mengingat dengan asosiasi visual
- biasanya tidak terganggu oleh keributan
- mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan sering kali minta bantuan orang untuk mengulanginya
- pembaca cepat dan tekun. lebih suka membaca daripada dibacakan
- membutuhkan pandangan dan tujuan yang menyeluruh dan bersikap waspada sebelum merasa yakin tentang suatu masalah atau proyek
- mencoret-coret tanpa arti selama berbicara di telepon dan dalam rapat
- lupa menyampaikan pesan verbal kepada orang lain
- sering menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat ya atau tidak
- lebih suka melakukan demonstrasi daripada berpidato
- lebih suka seni daripada musik
- sering kali mengetahui apa yang harus dikatakan, tetapi tidak pandai memilih kata-kata
- kadang-kadang kehilangan konsentrasi ketika mereka ingin memperhatikan
Orang-orang Auditorial
- berbicara kepada diri sendiri saat bekeria
- mudah terganggu oleh keributan
- menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan dibuku ketika membaca
- senang membaca dengan keras dan mendengarkan. dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, birama, dan warna suara
- merasa kesulitan untuk menulis, tetapi hebat dalam bercerita
- berbicara dalam irama yang terpola
- biasanya pembicara yang fasih
- lebih suka musik daripada seni
- belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat
- suka berbicara, suka berdikusi, dan menjelaskan sesuatu panjang lebar
- mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang meibatkan visualisasi, seperti memotong bagian-bagian hingga sesuai satu sama lain
- lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
- lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
Orang-orang Kinestetik
- berbicara dengan perlahan
- menanggapi perhatian fisik
- menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka
- berdiri dekat ketika berbicara dengan orang
- selalu berorientasi pada fisik dan banyak bergerak
- mempunyai perkembangan awal otot-otot yang besar
- belajar melalui memanipulasi dan praktik
- menghafal dengan cara berjalan dan melihat
- menggunakan jari sebagai penunjuk ketika membaca
- banyak menggunakan isyarat tubuh
- tidak dapat duduk diam untuk waktu lama
- tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
- menggunakan kata-kata yang mengandung aksi
- kemungkinan tulisannya Jelek
- ingin melakukan segala sesuatu
- menyukai permainan yang menyibukkan
Mengenali modalitas belajar orang
lain adalah kunci penting untuk menghasilkan presentasi Anda yang paling
efektif. Misalnya bila Anda tahu bahwa atasan Anda adalah orang visual, akan
lebih memungkinkan bagi Anda untuk menyampaikan maksud Anda jika Anda
menggunakan material visual, seperti slide
dan makalah, dalam suatu prresentasi.
Semoga bermanfaat, jika ada
masukan atau saran silahkan isi kolom komentar dan jangan lupa bantu like ya,
hehe...
Sumber:
DePorter, Bobbi dan Mike
Hernacki.(2003).Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Mizan:Bandung.
EmoticonEmoticon